Berita Online Menggunakan Media RSS Pada J2ME MIDlet


RSS
Berita bagi sebagian besar orang merupakan suatu hal yang sangat penting, karena bagi mereka berita dapat memperluas wawasan. Banyak sekali beredar berita di Internet, seperti Yahoo! News, Google! News, New York Times, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan media RSS, pengguna tidak lagi perlu membuka Internet browser dan melakukan browsing pada situs berita yang dikehendaki, tetapi hanya dengan menggunakan RSS client yang akan mengambil informasi berita pada situs yang bersangkutan. Sebagai pengantar RSS, Anda dapat membacanya di Pengantar RSS.

Banyak aplikasi RSS Client yang sudah beredar, baik aplikasi web, aplikasi mobile phone, bahkan sampai berupa plugin-plugin Internet browser. Pada artikel ini, penulis akan mencoba menjelaskan cara pembuatan aplikasi mobile phone (MIDlet) yang berfungsi sebagai RSS client untuk mendapatkan informasi dari situs The New York Time.

Aplikasi yang akan dikembangkan ini menggunakan pustaka kXML2 sebagai XML parser. Sehingga pustaka ini perlu di ikutsertakan dalam project yang akan dibuat. Anda bisa mendapatkan pustaka kXML2 melalui situs http://kxml.sourceforge.net/.

Anda bisa memperoleh artikel lengkapnya pada link ini.

11 thoughts on “Berita Online Menggunakan Media RSS Pada J2ME MIDlet

  1. Wah baru denger nih, mau nanya donk??, jadi si client ga konek internet ya?? jadi yg konek internet-nya cuma si server aja ya??, kayanya boleh nih buat bahan skripsi ^_^, klo dijadiin bahan skripsi, kira2 fitur apa yg bisa ditambah buat program ini apa ya supaya berbeda dengan yg sudah ada??

    Reply
  2. Salam,
    Secara konsep dari sistem ini, si client tetep perlu koneksi ke internet, dalam hal ini menggunakan koneksi GPRS. Maksud dari kata-kata “Dengan menggunakan media RSS, pengguna tidak lagi perlu membuka Internet browser dan melakukan browsing pada situs berita yang dikehendaki, tetapi hanya dengan menggunakan RSS client yang akan mengambil informasi berita pada situs yang bersangkutan.”, yaitu si client tidak perlu lagi browsing berita di internet, karena hanya akan menghabiskan pulsa. Dengan adanya sistem ini, si client mencari berita yg sudah ada di server. Dengan begitu, akan lebih efisien dalam penggunaan internet.

    Semoga cukup membantu ya…

    Reply
  3. mas lilik saya ingin bertanya saya telah mendonload file pdf yang anda tulis tapi saya masi ada yang tidak mengerti… untuk koneksi nya kan ada coding sendiri ini saya save jadi file apa namanya? maaf saya masi pemula baru belajar.., mas apakah dapat saya peroleh filenya semua itu, terima kasih sebelumnya, kalo bole saya peroleh filenya dimanakah saya dapat mendownloadnya? terimakasi ya mas

    Reply
  4. makasi bila ada yang dapat membantu saya, komputer bukan bidang saya tapi saya senang membaca artikel2 ilmu komputer, pada berita online dibaca lewat RSS,saya sangat tertarik apabila di kembangkan dibidang saya,sekiranya ada yang mau membantu saya membuat aplikasi tersebut sehingga teman-teman saya bisa membaca berita di web langsung ke hp mereka,bantu ya

    Reply
  5. maaf menggangu mas, akhirnya skripsi saya mengenai aplikasi J2ME yg mengakses web werver juga via GPRS, aplikasi saya juga sudah berhasil menggunakan kxml.
    Sedikit menyimpang dari topik, mungkin mas pernah mengalami masalah ttg koneksi GPRS-nya, saya telah hosting untuk upload file2 php & mysql-nya, jika http-nya langsung saya akses dari web browser ternyata berhasil dan dapat memproses database, tetapi jika saya coba langsung lewat hp, koneksinya selalu gagal, padahal settingan GPRS saya sudah benar apabila saya coba memakai aplikasi chatting, knapa ya?? apa mungkin GPRS-nya tidak sanggup megakses situs tempat saya hosting ya??

    Reply
  6. salam kenal mas,

    saya mashasiswa yang lagi nyusun skripsii mengenai scatterner bluetut. ada yang ingin saya tanyakan mas. apakah pembentukan jaringan scatternet wajib pakai routing.
    mas punya contoh aplikasi chatting yang berjalan pada jaringan scatternet ngaak?bisa saya minta. trim’s

    Reply

Leave a Reply

