Internet Connection Sharing Untuk Fastnet Menggunakan Jaringan Ad-Hoc


Bagi teman-teman yang sudah merasakan betapa murah dan cepatnya koneksi internet menggunakan Fastnet dari Firstmedia, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan dan jangan sampai ketinggalan untuk sharing koneksi dengan PC lain.

Yang dibutuhkan hanya 2 PC / Notebook dengan wireless adapter, dimana 1 PC / Notebook sudah terhubung ke Cable Modem yang disediakan oleh Fastnet.

Keterangan:
PC1 -> PC / Notebook yang terhubung dengan Cable Modem dari Fastnet
PC2 -> PC /Notebook yang ingin menikmati Internet Connection Sharing

Kemudian pada PC1, lihat konfigurasi IP Default Gateway dan DNS Server dari interface yang terhubung ke Cable Modem (Local Area Network), kalau bisa di capture saja agar tidak lupa (gambarnya bisa disimpan dulu).

Konfigurasi IP untuk interface yang terhubung ke Cable Modem pada PC1

Setelah itu setting IP untuk interface wireless yang akan digunakan untuk koneksi ke PC2. Isikan IP Address 192.168.1.1, Subnet Mask 255.255.255.0, Default Gateway = Default Gateway dari gambar yang di capture, Preffered DNS Server = Preffered DNS Server dari gambar yang di capture, Alternate DNS Server = Alternate DNS Server dari gambar yang di capture. Setelah itu setting jaringan wireless sebagai jaringan Ad-Hoc (jaringan computer to computer), pastikan untuk tidak menggunakan WEP Key (alias Disable). Kalau jaringan Ad-Hoc sudah dibuat, jalankan service Routing pada Windows Service. Setelah itu aktifkan internet connection sharing pada interface yang terhubung ke Cable Modem.

Sekarang saatnya konfigurasi jaringan pada PC2. Setelah itu setting IP untuk interface wireless yang akan digunakan untuk koneksi ke PC1. Isikan IP Address 192.168.1.2, Subnet Mask 255.255.255.0, Default Gateway = 192.168.1.1, Preffered DNS Server = Preffered DNS Server dari gambar yang di capture, Alternate DNS Server = Alternate DNS Server dari gambar yang di capture. Coba Anda deteksi apakah jaringan Ad-Hoc yang Anda buat sudah tampil di window View Available Wireless Networks. Kalau ada, coba Anda koneksikan. Kalau sudah bisa terkoneksi, coba Anda buka window Command Prompt, dan jalankan perintah berikut: ping yahoo.com, dan muncul hasil seperti pada gambar berikut, berarti Anda sudah berhasil melakukan Internet Connection Sharing.

Ping

Selamat atas keberhasilan Anda!

21 thoughts on “Internet Connection Sharing Untuk Fastnet Menggunakan Jaringan Ad-Hoc

  1. Kebetulan sekali saya mendapatkan topik ini karena saya sedang punya keinginan untuk men-share koneksi internet. Saya mempunyai PC yg terkoneksi internet dan laptop. Semua prosedur sudah saya jalankan, pada View Available Wireless Networks pada kedua komputer juga sudah muncul network-nya. Pada awalnya muncul masalah pada saat saya mencoba ping, ping dari PC ke laptop tetapi dari laptop ke PC gagal dengan pesan: Request time out. Setelah sedikit kutak-kutik di firewall (hanya coba-coba) akhirnya bisa saya pinging dari laptop ke PC. Masalah yang terakhir adalah bahwa saya belum bisa share koneksi internet dari laptop saya. Jadi kalau boleh bertanya dimana letak kekurangan atau kesalahan set up-nya.
    Terima kasih

    Reply
  2. mohon bantuannya…
    apakah merk modem berpengaruh jika ingin sharing koneksi internet? thx..
    oh ya.. sebaiknya milih modem apa ya untuk fastnet?
    mendingan beli sama fastnet-nya atau beli di luar saja?

    Reply
  3. mas nanya deh kalo misal pake kabel dua2nya gimana kan udah tau yang di capturenya. di PC1 nya sudah otomatis gimana PC 2 bisa share langsung aku coba cara tsb tidak berhasil aku apa PC1 harus di rubah IP dll atau langsung dapat di share.thx

    Reply
  4. saya sudah coba berdasarkan petunjuk mas, tp ada cara yg lebih gampang tdk spt setting adhoc tanpa hrs masukin ip address & subnet. bukannya kalo dibikin automatis bisa jg?, kekurangannya apa jk dibikin otomatis?… mohon info jika bs disertai referensi gbr biar lebih jelas & mudahbuat orng gaptek spt sy…thank’s

    Reply
  5. Mas, Q blm ngrti tntng cra u/ mnyeting jrngn adhoc d 2Pc agr bs shring ini, gmbrnya bsa d lngkpin g mas? Kbtulan Q msh s’orng pljr smk jrusan teknik komptuter jaringan dan d sekolah Q dpt tgs u/ bs mnyeting jrngan adhoc agr bsa share, jd mhn bntuan’y ya mas? Oh ia, bs g klo pc’y lbh dr 2? Mslnya 10-20, c0z d skul Q kan d 1 lap. Kompuernya ada 20 buah, mhn bntuanya ya mar?

    Reply
  6. Dear Eni,
    Utk ad-hoc saya belum pernah coba sampai 10-20 PC, krn ad-hoc lebih sering digunakan untuk personal use aja.
    Tapi saya pernah coba sampai 5 dan tidak ada masalah. Kalau kurang jelas, bisa ym ke secangkirkopipanas

    Reply
  7. saya mau tanya pak.
    saya pengguna lynn fastnet juga,dgn menggunakan notebook.saya mempunyai mslh saat ingin koneksi dgn notebook lain,dan bagaimana agar 2 buah notebook dapat online secara bersamaan.apakah permasalahannya dan mohon bantuannya pak.Thx before

    Reply
  8. masalahnya di networknya itu cuma network “local only” dan ga bisa terhubung ke internet.Di mana kurangnya yah?Lantas apakah OS mempengaruhi,saya pakai VIsta dan yg satu lagi pakai XP.Thx

    Reply
  9. sori boss ,ga bisa nih gw kan pake acer ama macbook, laptop yang terhubung dengan modem tuh yang acer,jalan sih wifinya ,tapi di apple ga bisa konek ,mac addressnya mesti diubah jg ga ?
    kalo gitu cara ubah mac address di windows xp pada jaringan wirelless lan gimana ?
    cara ubah mac addres di apple gimana caranya ?

    terima kasih

    Reply
  10. owh iya aku dah pake fastnet
    aku mau nanya
    komputr aku ip nya di DHCP Smuana
    Jadi aku ga tau DNS server nya brp…?
    ada g tau ga post donk ke aku…
    Ym ruben_tea

    Reply
  11. saya mau tanya dong.. kemarin waktu saya pertama pasang fasnet sama IT-nya ada setting pada service komputer saya.. kemudian setelah saya format ulang settingan service tersebut ikut hilang.. kira2 tw tidak apa yang harus disetting dari service-nya

    Reply
  12. mas……..saya mw share jaringan fastnet dengan server 2 lan card. masalahnya temen saya sudah pernah share dengan linksys seri N. sekarang saya mw share pake server ini, gimana langkah2nya supaya bisa share dengan server 2 lan card terus gimana setting wifi di linksys ini. makasih banget ya buat pencerahannya🙂

    Reply
  13. Ga mudeng neh buat Nubi,,,,
    – Ip nya harus inikah ? IP Address 192.168.1.1

    – Manual setting jaringan wireless sebagai jaringan Ad-Hoc (jaringan computer to computer) gimana caranya ?

    – Apa itu WEP Key
    – Cara menjalankan service Routing pada Windows Service???

    – Cara aktifkan internet connection sharing pada interface yang terhubung ke Cable Modem???

    Apa yah window View Available Wireless Networks, gimana ini caranya ceknya???

    Reply
  14. saya ada beberapa computer sebutlah 6 tapi saya tidak ada jaringan kabel telpon, maka saya akan menggunakan fastnet dari fasmedia, nah apa lagi yang saya perlukan agar komputer saya bisa akses internet semua ? terimakasih sebelumnya

    Reply

Leave a Reply

