Kirim SMS dari SMSLib 3.3.0 ke MIDlet Menggunakan Port


Seringkali kita melihat banyak layanan SMS yang digembor-gemborkan pada media iklan. Dibandingkan dengan GPRS, SMS memang lebih sering digunakan berhubung dapat digunakan di kawasan terpencil sekalipun, walaupun dihitung dari segi biaya jauh lebih mahal dari koneksi GPRS. Hal tersebut dikarenakan banyak BTS (Base Transceiver Station) dari operator GSM maupun CDMA hanya menyediakan layanan untuk telepon dan SMS saja. Selain itu SMS juga bisa dengan mudah digunakan walaupun menggunakan mobile device yang lama sekalipun (baca: JADUL).

Di teknologi J2ME, SMS juga bisa digunakan sebagai format data antar aplikasi J2ME, bahkan dengan teknologi lain. Berdasarkan dari arsitektur paket SMS yang ada pada J2ME (JSR 120, JSR 205), aplikasi MIDlet yang menggunakan media SMS harus membuka port jika aplikasi tersebut berfungsi sebagai server (penerima SMS), mirip dengan konsep socket yang terdiri dari IP Address dan Port. Berbeda dengan SMS pada umunya yang tidak menggunakan port.

Tetapi jangan terlena dulu, dengan menggunakan SMSLib (versi yang aku gunakan, SMSLib-3.3.0), temen-temen bisa membuat aplikasi untuk mengirimkan SMS ke MIDlet menggunakan port. Bagian yang perlu diperhatikan pada saat pengiriman SMS yaitu:

Service srv;
OutboundMessage msg;

OutboundNotification outboundNotification = new OutboundNotification();
srv = new Service();

SerialModemGateway gateway = new SerialModemGateway("modem.com4", "COM4", 57600, "SonyEricsson", "W660i");
gateway.setInbound(true);
gateway.setOutbound(true);
gateway.setSimPin("0000");
gateway.setOutboundNotification(outboundNotification);
srv.addGateway(gateway);
srv.startService();

// Send a message synchronously.
msg = new OutboundMessage("+628170080078", "Hello guys!");

msg.setEncoding(MessageEncodings.ENC7BIT);
msg.setSrcPort(0);
msg.setDstPort(50000);

srv.sendMessage(msg);
System.out.println(msg);

System.out.println("Now Sleeping - Hit <enter> to terminate.");
System.in.read();
srv.stopService();

Kemudian code di MIDlet yaitu:

smsPort = getAppProperty("SMS-Port"); // 50000
String smsConnection = "sms://:" + smsPort;
if (smsconn == null) {
   try {
      smsconn = (MessageConnection)
      Connector.open(smsConnection);
      smsconn.setMessageListener(this);
   } catch (IOException ioe) {
      ioe.printStackTrace();
   }
}

Aku sudah mencoba dengan handphone K618 baik SMS Gateway maupun aplikasi MIDlet (kirim ke diri sendiri), dan bisa berjalan dengan lancar. Bagaimana dengan temen-temen?

Good luck ya!

19 thoughts on “Kirim SMS dari SMSLib 3.3.0 ke MIDlet Menggunakan Port

  1. saya catur mas.
    Saya anak TI Sanata Dharma Juga angkatan 2005.

    LAgi bingung cari judul skripsi nie, pengen cari topik tentang sms gateway.. Klo mas berkenan bisa email atau add YM saya di alamat marvindominico@yahoo.com. Supaya saya bisa tnya2 dengan mas.
    ma kasih sblumnya.

    GBU

    Reply
  2. maaf mas ganggu.
    mas mau tanya cara menggunakan smslib diatas bagaimana??
    saya bingung dikonfigurasinya?
    terus class-class apa saja yang digunakan?
    terimakasih

    Reply
  3. kalo mau buat smslib itu memerlukan komponen apa saja termasuk softwarenya?
    bisa mengunakan modem/handphone utk penghubung sms dari client(J2ME) ke aplikasi server?

    Reply
  4. Aku bisa tanya2 kah ttg SMSLib ini?
    Terutama ttg setting port nya untuk send ke midlet nya itu..
    SMSLib ini berbasis At Command juga kah?
    jadi apakah ada perintah send SMS kepada port tertentu itu pakai at command?
    terimakih untuk infonya . .
    kalau bisa saya juga ingin bisa berkomunikasi lewat email:
    hezz_kezzy@yahoo.co.id

    Reply
  5. Terimakasih sekali
    artikel ini memberikan pencerahan terhadap TA saya..🙂
    saya bisa kah bertanya2 lebih lanjut lagi.
    karena setelah saya download dan jalankan
    masih terdapat error.
    mungkin jika berkenan bisa via email.
    Terimakasih

    Reply
  6. mas lilik, adit eror di baris ini;
    srv.startService();
    kemungkinan gara2 port modemnya atau apa gitu!!!

    terus mau nanya klo sms servernya itu gmn cara ngidupinnya ya???

    bales ya bos

    Reply
  7. permisi..
    saya mhasiswa tingkat akhir dari Sanata Dharma mau tnya,,
    klo kita membuat aplikasi dari pc menggunakanbantuan library SMSLib lalu dikirim ke port-sms J2ME yg sudah ditentukan, ketika saya kirim dengan setingan encoding 7-bit ato 8-bit SMS dpat terkirim dan masuk pada inbox default HP,
    gimana agar SMS yg dikirm dari PC bisa diterima oleh port-sms aplikasi J2ME yg saya buat???

    saya mencoba slalu masuk pada inbox bawan HP bukan inbox dari J2ME yg saya buat..

    terima kasih,,,
    mohon bimbingannya…

    Reply

Leave a Reply

